2/09/2010

Manga "C♥C♥C" Online Read unactive! - Sebuah kenyataan lain yang baru kutemukan!

Ternyata manga hasil scan para scanlator group tampaknya tidak selamanya bakalan nangkring di Mangafox, Onemanga, mungkin situs manga online lain juga begitu. Begitu manga itu sudah di lisensi di luar negeri (Kebanyakan di US atau negara barat yang pake bahasa inggris kayaknya), Mangafox dkk nggak nampilin lagi buat online read. Hal itu dilakukan agar mangaka tidak merugi menjual manga nya di barat. Intinya kita disuruh beli manga yang sudah di lisensi itu.

Q: Tapi, lisensi itu kan di barat? Trus yang dari negara lain bagaimana? Mangafox dkk reader kan pengunjungnya bukan orang barat aja, salah satunya kita orang Indonesia. Dan masih banyak lagi negara lain yang tidak menggunakan bahasa inggris.
Q: Selain itu, bagaimana buat orang-orang yang tidak memiliki biaya (karena memang tidak punya uang atau karena tidak diijinkan ortunya untuk membeli manga)? Mengingat komentar yang sering mampir padaku yang dikatakan kebanyakan orang dewasa perihal hobiku yang suka manga dan anime adalah : manga dan anime itu dianggap childish, tidak bermanfaat, buang-buang uang, nyempit-nyempitin space (entah space ruangan atau space hardisk komputer). Mungkin komentar seperti ini pun mampir ke mangafans lain di penjuru dunia yang akibatnya...yah...kalian sebagai anak tahu sendiri apa yang akan terjadi selanjutnya kalau orang tua sudah pake alasan seperti itu ketika dimintain duit XDD.

Sebuah manga yang kutemukan hari ini; berjudul "C♥C♥C" (alternative name: chu chu chu, kiss kiss kiss), author: Nakashima Tsubaki; sudah nggak ditampilkan lagi di mangafox. Search via Google untuk mengeceknya, kalau langsung di mangafox cukup susah. Karena di manga directory nya sudah tidak ada.
Setelah aku buka-buka forum manga "C♥C♥C", ada yang memberitahu kalau manga ini sudah di lisensi oleh US. Dan akhirnya terjadi perdebatan-perdebatan seputar pertanyaan diatas. Ada yang pro dan heran dengan orang-orang yang kecewa hal itu terjadi. Namun ada yang membalas bahwa pengunjung mangafox bukan hanya dari US, ada juga negara lain yang belum menjual manga itu. Lagi-lagi ada yang membalas kalau hal itu bukan alasan karena kita bisa beli di Amazon dsb dsb...
Look here if you want to check "C♥C♥C" discussion!

Namun, bagiku mereka cuma nggak saling pengertian. Fans kan juga macem-macem dan punya problem sensiri-sendiri dalam hal men-support. Fans nggak selalu bisa ngasih support berupa materi.
Kalo di Indonesia sih banyak toko-toko yang ngasih diskon buat manga. Apalagi manga yang udah lama terbit di Indonesia, wuih tambah mantap diskonnya! Tapi yang jadi masalah, lemariku dah nggak cukup lagi... T-T

Aku juga bakal mbahas manga itu juga dalam waktu dekat. Soalnya termasuk vampire stories ^o^

No comments: