2/03/2010

Gender Bender Manga - Unik dan Lucu ! ^_^

Sejak baca WJuliet, aku jadi suka sama manga ber-genre: Gender Bender. Bisa dibilang WJuliet adalah komik gender bender pertama yang kubaca! "Apa sih Gender Bender?" Itu yang jadi pertanyaan waktu secara kebetulan aku menemukan kata-kata itu di kolom pencarian komik 'Advance Search' di Mangafox.

Gender Bender manga, dari beberapa info yang kudapat, adalah manga yang didalam ceritanya ada bagian dimana:
1. Tokoh cowok pakai pakaian cewek dan cewek yang berpakaian cowok. (contoh: WJuliet, princess-princess, Ai wo Utau yori Ore ni Oborero! dsb...)
2. Didalam cerita, tokoh cewek memiliki postur tubuh yang hampir menyerupai cowok dan cowok yang memiliki wajah cute, manis, dan cantik (kadang malah ada yang pendek n mungil) (contoh: WJuliet, Never Give Up, Ai wo Utau yori Ore ni Oborero ! dsb...)
3. Tokoh cowok yang entah karena apa (alasan sesuai ide pengarang masing2), gender nya berubah jadi cewek. ( Itu yang baru kebanyakan kutemui, yang cewek berubah jadi cowok aku belum pernah baca) (Contoh: The day of revolution, Full Moon ni Sasayaite, Nephilim, dsb...)
4. Dalam cerita, terjadi pertukaran roh manusia (roh nya ketuker). Tubuh tokoh cewek dirasuki roh tokoh cowok dan sebaliknya. (Contoh: Kiss me with mint, With! dsb...)

Namun, untuk kriteria no 4 ini kalo menurut seleraku, merupakan gender bender manga yang kurang greget. Aku lebih sreg di cerita yang ada di kriteria 1,2. Biasanya ceritanya tentang cewek tomboy, cewek yang bingung karena kondisi badannya yang sama sekali nggak cocok pake baju cewek sehingga khawatir nggak serasi kalau berdampingan dengan cowoknya yang imut dsb...
Kriteria ke 3 mungkin cocok banget buat para penggemar yaoi, shounen ai. Walaupun mungkin bisa dibilang kriteria ke 3 adalah setengah yaoi/shounen ai. Coz kebanyakan awalnya berasal dari shounen ai (suka sama sesama cowok) dan eh...kebetulan cowok yang disukai ternyata (entah karena apa) jadi cewek.Ya semakin suka aja akhirnya. Seperti yang terjadi di The day of revolution dan Full moon ni sasayaite (dan mungkin ada yang lain lagi yang belum sempet kubaca).

Karena aku penggemar gender bender, maka disini aku membuat label (yang udah kuganti namanya menjadi 'category') khusus Gender Bender! Selamat menikmati Gender Bender Fans!

(Tulisan ini mungkin ada bagian yang kurang tepat. Saran dan kritik ttg tulisan ini sangat diharapkan)

~by Reizsha

2 comments:

Anonymous said...

saran nihh. half prince komik gender bender yg slama ini masih top rank di antara gndr bnder komik yg udh ku baca. masih ongoing.. pkoknya keren ^^.

Reizsha said...

Makasih sarannya :D
bisa untuk bacaan baru nih