2/28/2010

Ayashi no Ceres Vs Faeris Landing - Mirip Cerita Jaka Tarub!

Ayashi no Ceres, manga yang sudah tamat kubaca beberapa bulan lalu dan Faeris Landing, manga yang kubaca waktu SMP dan dropped sampai vol 1 saja gara-gara nggak punya biaya buat beli waktu itu; punya background cerita yang mirip banget sama cerita Jaka Tarub di Indonesia! Dulu aku pikir, kenapa ya kok orang luar tahu cerita semacam itu dan dibuat parodi dalam bentuk manga nya??? (waktu itu aku masih baca Faerie's Landing, manhwa punya Korea). Akhirnya, usut punya usut, banyak negara di asia yang memiliki cerita-cerita seperti itu.

Ceritanya memiliki perbedaan ditiap-tiap negara, namun memiliki inti yang sama: seorang laki-laki yang mengintip bidadari-bidadari yang mandi dan mencuri salah satu selendangnya yang mampu membuat para bidadari itu pulang ke kahyangan. Salah satu bidadari yang nggak bisa pulang ke kahyangan, menikah dengan laki-laki yang nyuri selendangnya. Tapi akhirnya, (setelah punya anak bla..bla..bla..) selendangnya ketemu. Si bidadari kembali ke kahyangan meninggalkan si cowok dan anak-anaknya...
Itulah persamaan dan inti dari cerita-cerita semacam itu yang beredar di asia...bahkan kabarnya ada yang beredar di Eropa yang kita tahu adalah swan lake. Ternyata banyak juga versinya. Dan yang kutemukan baru-baru ini bener-bener mirip Jaka Tarub! Ceritanya lain dari yang kita tahu melalui kartun-kartun Eropa! Namun khusus pembahasan variasi cerita legendanya, akan kubahas di blog ku yang lain... Click here!

Berikut adalah sedikit pembahasan dari manga Ayashi no Ceres dan manhwa Faerie's Landing. Menurutku, kedua cerita dibawah adalah parodi dari legenda Tanabata, Qi Xi, Jaka Tarub dan semacamnya:

Ayashi no Ceres 
(Alternative title: Celestial Legend)
Author : Watase Yuu
Genre  : Action, Fantasy, Romance, Tragedy, Shoujou, Supranatural
Status  : Complete


Aya dan Aki adalah sepasang saudara kembar cewek cowok. Di ultah mereka yang keenam belas, mereka menyangka akan mendapatkan perayaan yang meriah dirumah neneknya. Karena ultah mereka keenam belas terkesan special. Namun, suasana dirumah neneknya tidak seperti yang dibayangkan. Semua nya berkumpul dan berpakaian suram seolah ada yang meninggal. Keduanya merasa ada yang salah dengan suasana itu. Apalagi hanya untuk merayakan ultah mereka saja, seluruh anggota keluarga hadir. Namun, kejadian yang tak dapat dipercaya terjadi setelah mereka menerima mumi sebuah tangan. Keluarga mereka langsung memisahkan Aya dan Aki dan mulai mengejar dan mencoba membunuh Aya. Semua ini berawal dari kecurigaan bahwa Aya adalah bidadari yang marah karena dahulu selendangnya dicuri oleh laki-laki dari keluarga itu.



Faerie's Landing
Author : Hyun You
Genre  : Comedy, Romance, supranatural, fantasy
Status  : Ongoing

Berawal dari menyelamatkan seorang yang aneh dan memiliki tanduk dan kuping rusa dari kejaran preman, sebagai rasa terima kasih orang aneh itu, Ryang dibawa ketempat dimana para bidadari sedang turun dari kahyangan dan mandi bersama disebuah pemandian air panas umum kota. Namun, si manusia rusa itu lancang dan mengambil salah satu baju bidadari. Tapi akhirnya ketahuan salah satu bidadari. Begitu rusa itu mengoper baju itu ke Ryang, baju itu robek gara-gara aksi tarik menarik! Seperti yang kita ketahui, salah satu bidadari bernama Fanta tidak bisa pulang dan akhirnya tinggal dirumah Ryang (tapi belum sampai nikah, masih ikutan sekolah). Cerita ini lucu, kocak dan setelah lihat gambarnya kayaknya kurang tepat kalo dibilang Shoujou. Kayaknya lebih cenderung ke shounen deh....

Untuk masalah download kedua manga diatas, silahkan cek di idws...
Waktu aku cek, kedua manga ini ada. Aku juga downloadnya disitu kok...hehehehe...

4 comments:

Anonymous said...

he? fairy's landing juga? wahahaha....ta pikir enggak ada kaitannya dengan cerita Jaka Tarub. kocak sih...>.<

Reizsha said...

Kan bajunya juga mau dicolong ^o^
tapi trus sobek, akhirnya ya nginep dirumah si cowok.
Emang kocak XDD aku aja mau baca lagi...

Unknown said...

hai,
salam kenal. nama saya abdul aziz, mahasiswa DKV yang pengen ngerjain TA.

alasan knapa saya bisa nyemplung ke blog hime reizsha ya itu, karena si jaka tarub itu.

rencananya,
saya mau bikin komik JAKA TARUB MY VERSION. yg menceritakan tentang kisah kelanjutan jaka tarub. jujur, sy juga terkejut ketika mulai riset scara onlen, bnyak bgd kisah yg mirip.

so,
crita yg saya buat, temanya sih pengen romantis, religius, dan estetis..

kalo tertarik dg crita karangan saya, bisa hubungi saya via email (alonxexalonx@gmail.com) tapi masih bentuk novel. komiknya sdang saya garap.

thanks yah

Reizsha said...

Hi salam kenal :D
wah, saya nantikan komik nya saja yah ^_____^