4/26/2013

Shingeki no Kyojin - Antara Manga dan Anime yang baru saja airing

Okey, akhir-akhir ini yang banyak diperbincangkan adalah "Shingeki no Kyojin". Ini emang banyak yang membicarakan atau hanya disekitarku saja yang memperbincangkannya *entahlah*.

Sebenarnya manga nya sudah lama kayaknya, namun aku baru tahu (karena banyak yang membicarakannya) akhir-akhir ini setelah anime nya airing.


Menurutku, anime ini adalah anime dewasa 20+.
Ada sebutan "dewasa" dan "20+" , menurut kalian ini anime apa? xD

Anime ini kukategorikan dewasa 20+ karena anime ini mengandung blood and sadism.
Anime ini menceritakan sebuah area yang dikelilingi dinding-dinding setinggi 50 meter. Kenapa? Karena diluar dinding itu ada raksasa-raksasa yang disebut "Titan" yang suka memakan manusia. Jadi dinding-dinding itu dibangun untuk melindungi manusia didalam nya yang dahulu hampir punah karena serangan Titan. Selama bertahun-tahun dinding itu tidak pernah runtuh dan mampu melindungi umat manusia yang masih tersisa. Karena titan yang paling besar pun masih kalah besar dengan dinding ini.

Namun pada suatu hari, muncul Titan yang berbeda dari biasanya, titan ini sangat besar dan tinggi nya sekitar 60 meter. Ia mampu mengintip dari balik dinding kedalam dinding. Ia pun menghancurkan pintu dinding terluar. Akibatnya, titan-titan biasa yang tadi nya tidak dapat masuk kedalam. Pasukan keamanan tidak siap dengan kejadian ini, akhirnya penduduk yang tinggal di area yang dikelilingi dinding tersebut dievakuasi menuju ke area dengan dinding yang lebih dalam.

Eren Jaeger, seorang anak yang merupakan tokoh utama dalam anime ini. Ia sangat terpukul. Ia tidak sanggup menolong ibu nya. Didepan matanya, ibunya dimakan hidup-hidup oleh titan *bagian ini bikin perasaan JLEBB ngeri plus kasian T.T*. Setelah evakuasi, ia bertekad untuk memusnahkan seluruh Titan tanpa tersisa dengan mengikuti pelatihan militer.

Kisah dari serial ini, bukan hanya soal kepahlawanan seperti power ranger yang membasmi monster, namun juga ada kejadian-kejadian menyentuh seperti rasa tidak berdaya menyelamatkan teman seperjuangan, rasa marah ketika melihat dengan mata kepala sendiri tubuh teman terpotong-potong dimakan titan, pengkhianatan, kesetia-kawanan, rasa saling melindungi, rasa ingin berkorban dan semacamnya.



Beda nya dengan manga yang kulihat adalah alur dan efek sadis. Di manga, mungkin karena nggak berwarna dan tanpa sound efek, jadinya masih sebatas semriwing aja hati ini ketika lihat kesadisan. Tapi kalo nonton anime nya, jleb jleb jleb banget perasaan ini (apalagi pas nonton eps 1 dimana ibu nya Eren dimakan hidup-hidup). Aku kadang nggak berani nonton sendirian T.T.
Selain itu dari segi gambar, anime nya lebih jelas dari pada manganya. Di manga, kadang aku nggak bisa bedain antara character yang ini atau itu. Tapi kalau sudah terbiasa, ya biasa aja. ^__^
Baik Manga maupun Anime nya masih sama-sama ongoing. Tapi Manga nya sudah lebih jauh. Aku suka penasaran sih, jadi baca manga nya sekalian sampai chapter update an terakhir.

Untuk download anime nya, aku sih lebih senang cari disini banyak macam-macam size nya tinggal pilih :
https://animetosho.org/series/shingeki-no-kyojin.9541

Trailer anime:


No comments: