5/17/2010

Raw manga???

Biasanya, di forum manga ada orang yang nawarin download link Raw manga. Tapi setelah didownload, cukup banyak yang kecewa (termasuk aku) karena manga nya berbahasa Cina, bukan asli Jepang. (Padahal aku nggak bisa bahasa Cina sama sekali...)

Disini aku sempat bingung, apa sih Raw Manga itu? Apakah manga yang masih asli berbahasa Jepang? Atau manga yang menggunakan bahasa negara di Asia Timur yang kebanyakan menggunakan tulisan non-alfabet atau romaji?

Dalam bahasa inggris, 'Raw' berarti 'mentah'. Dari situ aku berpikiran bahwa 'Raw Manga' adalah manga yang masih mentah alias masih asli berbahasa Jepang dari pengarang asli Jepang (belum di olah / di translate ke bahasa lain).
Namun, orang yang menawarkan link Raw Manga pada akhirnya banyak yang mengeluh kalau Raw manga yang sudah mereka download itu berbahasa lain (bahasa Cina yang banyak kutemui).
Kalau seandainya manga tersebut memang orisinal dari Cina dan dari pengarang cina, wajar jika Raw manga nya berbahasa Cina. Begitu juga untuk manga dari Korea. (ini masih pemahamanku tentang Raw manga)

Disini aku bertanya-tanya apakah pengertian Raw Manga bagi mereka? Manga yang menggunakan tulisan non-alfabet? Atau sama sepertiku, manga yang masih asli berbahasa Jepang? Atau bahkan manga yang non Inggris (jadi bahasa lain selain Inggris tetap dianggap Raw Manga? Atau susah membedakan antara tulisan Cina dan Jepang? Aku masih bertanya-tanya.... =.='

Biasanya, untuk mendapatkan RAW manga, di Manga Helper. Disitu ada Raw manga berbahasa Jepang. Namun kita juga bisa mencari manga dalam bahasa lain, misalnya dalam bahasa jerma, italia, perancis dll.

No comments: